Kamis, 21 Juli 2016

Jika Ku Tak Sekolah

  Andai aku tidak sekolah? mungkin ini bisa terjadi pada siapapun termasuk gue. Dari lahir gue hidup di keluarga yang alhamdulillah mampu buat nyekolahin gue dan adik gue, saat gue masuk SD gue sering lihat anak-anak sebaya diriku ini sudah bekerja dan tak bisa mengennyam gokilnya dunia sekolahan. Dari jahil sama temen cewe sampe tuh cewe nangis dan jadi Atlit Lompat Tembok.



  Kenakalan yang pernah gue lakuin memang kadang bikin ortu sebel dan rewel bicarain soal sekolah. Pernah suatu waktu saat gue cabut dari sekolah terus pergi ke Jembatan Ampera sebuah maskot Kota Pempek ini, disitu gue banyak lihat anak-anak kecil udah bisa nyari duit mulai jadi penjual koran , tukang parkir, ada juga yang jadi kenek (assisten Sopir angkot/bus kota) pas gua tanya salah satu anak yang bernama Riki itu ternyata dia udah lama putus sekolah alasannya ya soal waktu. dia hidup dengan seorang nenek yang sudah renta yang menjual gorengan dan mpek-mpek dipelataran BKB, di perlihatkannya lah dimana neneknya menjajakan barang dagangannya.
 Dengan mpek-mpek titipan orang yang bantu dijualnya gue lihat memang si nenek tua renta sudah tak sepantasnya si nenek untuk berkeliling menjual mpek-mpek. Sedih banget saat gue lihat lagi si Riki tadi memang sungguh kasihan dia rela ikut banting tulang demi membantu sang nenek, Saat gue tanya kemana orang tuanya Riki pun enggan menjawab hal tersebut mungkin itu privasi si anak tersebut.

 Dua hari kemudian gue dateng lagi ke situ tapi hari minggu jadi kagak minggat sekolah lagi, saat gue perhatiin memang banyak banget anak-anak yang kagak bisa sekolah di sini. Gue sangat bersyukur banget bisa hidup dikeluarga berkecukupan, dan sudah dapat kubayangkan bila aku gak bisa sekolah nasibku tak jauh yang dari namanya jalanan. Semua juga tahu jalanan itu memang keras "Gak keras gak makan " salah satu pribahasa yang memang jadi momok menakutkan untuk hidup dijalan. Sejak saat gue tau seberapa keras dunia pekerjaan yang harus dilakoni anak, gue mulai memperbaiki hidup gue sendiri untuk hidup lebih berguna buat orang tua gue ,keluarga dan masyarakat tentunya. Dan buat lo semua perlu lu syukurin nikmat yang tuhan kasih buat lo, lihat diluar sana banyak orang yang lebih susah dibanding lo. Jangan lihat keatas terus kasihan ortu lu yang harus banting tulang demi hidup lu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar